Menko PMK: Pemerintah Daerah Jangan Tunda Ambil Vaksin di Gudang Farmasi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten kota agar segera mengambil vaksin yang ada di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri dan segera memanfaatkannya. Muhadjir mengatakan pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan program vaksinasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menangani pandemi Covid 19. "Untuk semua kabupaten jangan menunda untuk mengambil vaksinnya yang sekarang ada di Dinkes Provinsi Kepri dan segera disuntikkan. Karena untuk Moderna itu harus kejar kejaran, di samping waktunya yang terbatas, syarat penyimpanan pendinginannya juga sangat istimewa," tutur Muhadjir melalui keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Saat ini, stok vaksin di beberapa daerah termasuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah tersedia dan siap untuk dimanfaatkan. Muhadjir menilai penyimpanan vaksin di Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Kepri sudah memenuhi standar. Dirinya menyebut mulai dari suhu minimal 20 derajat celcius untuk vaksin Moderna hingga tempat penyimpanannya sudah sangat baik.

Tidak hanya vaksin, Muhadjir juga memastikan ketersediaan obat terutama untuk penanganan Covid 19 di Provinsi Kepri yang ada pada gudang farmasi tersebut. "Untuk obat ini juga harus dipastikan ketersediaannya. Jangan sampai kekurangan," pungkas Muhadjir. Berdasarkan laporan, ketersediaan obat penanggulangan Covid 19 masih belum memadai untuk gejala sedang sampai berat di puskesmas dan rumah sakit rujukan Covid 19.

Dari estimasi kebutuhan obat untuk tiga bulan yakni Juli sampai September 2021 hanya terpenuhi 12,32 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.