Stasiun Kereta Api yang Dilewati saat Travel Jakarta Cirebon

Pastinya Anda menentukan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, ketika memutuskan travel Jakarta Cirebon menggunakan kereta api. Ada beberapa stasiun yang bisa dipilih sebagai titik keberangkatan maupun tujuan ketika menempuh rute Jakarta Cirebon, sebagai berikut.

1. Gambir

Sebelah timur stasiun kelas besar tipe A ini Monumen Nasional, jadi stasiun ini terhubung dengan akses jalan ke Monas. Kelas kereta api yang dilayani stasiun ini adalah kelas eksekutif, tetapi juga melayani sebagian kecil kelas campuran.

2. Pasar Senen

Pasar Senen merupakan stasiun yang melayani kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan sebagian besarnya adalah kelas campuran. Stasiun ini dibangun tahun 1916, namun baru diresmikan 19 Maret 1925, serta berada di ketinggian +4,7 meter.

3. Babakan

Nama sebelumnya dari stasiun ini adalah Stasiun Nieuw Tersana, jadi Stasiun Babakan termasuk stasiun kelas II. Stasiun di bawah pengelolaan KAI Daerah Operasi III Cirebon ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

4. Ciledug

Stasiun dengan ketinggian +16 meter dan termasuk kelas II ini, lokasinya paling timur di Jawa Barat, lintas Cirebon – Prupuk. Dibawah pengelolaan KAI Daerah Operasi III Cirebon, stasiun ini berada paling tenggara di Kota Cirebon.

5. Cirebon

Stasiun kelas besar tipe A ini juga memiliki sebutan Stasiun Kejaksaan, serta memiliki ketinggian +4 meter. Stasiun ini berada dalam pengelolaan KAI Daerah Operasi III Cirebon, serta sebagian besar layanannya adalah kereta api kelas ekonomi.

6. Cirebon Prujakan

Stasiun dengan ketinggian +4 meter ini termasuk kelas besar tipe A, namanya berasal dari blok atau dusun sesuai lokasinya. Sebagian besar kereta ekonomi menjadikan Cirebon Prujakan sebagai tempat pemberhentian, bagi kereta tujuan Jakarta, serta kota-kota bagian tengah-timur Pulau Jawa.

7. Losari

Stasiun kelas III ini memiliki ketinggian +3 meter serta dikelola KAI Daerah Operasi III Cirebon. Lokasi stasiun ini berada paling timur di Kabupaten Cirebon. Selain itu, sekitar 500 meter pada sebelah selatan Jalan Nasional Rute 1 (Jalur Pantura).

Anda bisa memilih stasiun yang akan menjadi titik keberangkatan serta tujuan ketika travel Jakarta Cirebon menggunakan kereta api. Sebaiknya, pilih stasiun yang terdekat dengan lokasi tujuan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.